Tips Merawat Flash Drive Agar Tahan Lama

Tips Merawat Flash Drive Agar Tahan Lama
Datye.Com | USB Flash drive masih menjadi pilihan sebagian kita untuk menyimpan data dan juga memindahkan data. Kalau saya flash drive tidak saya jadikan sebagi tempat menyimpan data, tapi lebih ke tempat memindahkan data dari satu komputer ke kumputer lain. Mengapa saya tidak mau menggunakan flash drive untuk menyimpan data? pertama karena ga tau kenapa flash drive sering sekali rusak, error dan selalu minta diformat ulang. Alhasil data saya sering hilang dari flash drive.

Berbeda dengan penyimpanan di "cloud" yang dapat terhindar dari kehilangan dan kerusakan data, Flash drive harus benar-benar dirawat agar data yang ada didalamnya tidak terganggu dan  hilang. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab rusaknya USB Flash drive kita. Tapi sebenarnya kerusakan ini dapat kita cegah apabila kita benar-benar merawat flash drive kita dengan benar.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kerusakan flash drive kita dan hal-hal yang harus kita hindari agar flash drive kita tidak rusak :

1. Virus dan Malware 
Virus dan malware memang tidak merusak flash drive secara fisik, tapi kedua program jahat ini dapat ditularkan melalui flash drive dari satu komputer ke komputer lain. Memasukan flash drive ke port USB komputer asing dapat menginfeksi flash drive kita dan mungkin saja juga akan bisa menginfeksi ke komputer kita, dan flash drive kita pun kadang bisa rusak karenanya. Memasang sofware anti virus pada komputer kita, gunanya untuk memindai flash drive. dan itu sangat dianjurkan dalam rangka perawatan flash drive kita.

2. Lingkungan
Air dan suhu yang panas serta guncangan juga benturan adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan flash drive menjadi rusak. Jadi sebisa mungkin hindarkan flash drive dari terkena air, suhu panas juga benturan.  Suhu panas dapat merusak sel-sel yang berada pada bagian flash drive yang berakhir pada rusaknya atau hilangnya data. Guncangan dan benturan dapat merusak flash drive dan isinya. menyimpan flash drive pada sebuah case dan menggunakannya dengan hati-hati dapat memperkecil resiko benturan.

3. Bagian yang longgar juga hilang
Banyak dari kita yang senang menempelkan flash drive pada gantungan kunci atau juga suka memasukan flash drive dalam saku, hal ini sangat tidak dianjurkan karena dapat membuat bagian-bagian dari flash drive menjadi longgar bahkan hilang. Bagian yang rentan menjadi longgar dan hilang adalah cap. Cap berfungsi melindungi flash drive dari guncangan elektrikal dan menghindarkan konektor USB dari sentuhan benda lain  yang dapat merusaknya dan membuatnya berhenti berfungsi. Maka dari itu, selalu pasang cap jika flash drive tidak digunakan dan simpan flash drive secara terpisah dalam case agar tidak terbentur dengan benda lain.

4. Jangan cabut flash drive ketika komputer proses transfer file
Banyak orang mengira bahwa mencabut flash drive tanpa terlebih dahulu mengklik "safety remove hardware" akan merusak flash drive dan data yang ada didalamnya. Hal itu tidak benar. Yang disarankan adalah jangan mencabut flash drive dari komputer ketika sedang proses tranfer file. Karena selain bisa merusak flash drive juga bisa merusak data terkait yang sedang kita transfer.

5. Penggunaan
Penggunaan dalam jangka waktu yang lama dapat menurunkan kinerja USB flash drive dan kadang membuatnya sulit dibaca dan sulit terdeteksi oleh komputer. Flash drive biasanya bertahan hingga 1.500 siklus connect/ disconnect. Menyimpan back up file dan data yang ada pada flash drive ditempat lain itu sangat dianjurkan untuk berjaga-jaga.

Demikian beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja flash drive USB dan Tips Merawat Flash Drive Agar Tahan Lama. Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

0 Komentar untuk "Tips Merawat Flash Drive Agar Tahan Lama"

Back To Top