Apresiasi Itu Penting, Ternyata….


Kak IPK ku 3,83 ne!!… sms dari adek saya, M Ridwan namanya, sedang menempuh pendidikan S1 nya di Universitas Islam Riau.

Tapi, aku masih ingat sms sebelumnya.
“Kak IPK ku turun…. “ katanya.
“Berapa,…?! tanyaku
“5.59 kak” jawabnya disertai simbol sedih :’(.
“ya ndak apa-apalah deks, masih tinggi koq” balasku
“itu artinya deks harus belajar lebih giat lagi” Jawabku “jangan sampai IPK mu terjun payuuuuung,” lanjutku lagi

Berusaha membesarkan hatinya, karena saya tau dia kecewa dengan nilai kali ini yang turun jauh dari semester sebelumnya, padahal kalo dilihat IPK nya cukuplah tinggi, hanya mungkin karena turun ya itu kecewa jadinya.

dan keesokan dia sms lagi, “kak, IPK ternyata 3.83″ katanya “yang kemaren itu salah”, katanya lagi
“Kok bisa salah?” balasku  “iya, dosennya salah kasih nilai, nilai yang seharusnya nilai ku, eehh… ke tulis ke orang lain, namanya juga sama denganku, ridwan” balasnya lagi
“ooo… koq bisa ya?” “sampai salah gitu?” balasku lagi
“tauuu,….?” jawabnya
“Human error”,  fikirku, tp ya sudahlah yang penting semua tetap baik-baik saja,” lho apa hubungannya?? hehehe…

Oke, lanjuutt ^_^

Sebenarnya sewaktu balas sms ini, saya lagi ngerjain kerjaan kantor juga, sibuk banget. jadi tangan dari komputer ke hp, hp ke komputer lagi. hehehe…. untung kerjaan nggak salah-salah. padahal biasanya saya paling nggak bisa diganggu kalau lagi berhubungan dengan kerjaan yang layarnya penuh dengan angka-angka semua. suka ngbleng gitu. tapi karena memang lagi dengar kabar gembira juga, yaa.. jadi ikut senang juga. ndak apa-apalah ^_^, jadi otak tetap smart meskipun liat angka yang bejibun.

Ya…saya selalu berusaha memberikan pujian, selalu berusaha memberikan penghargaan atas apa yang adik-adik saya capai. mungkin orang beranggapan, “Baru segitu aja sudah sombong”, ya.. tidak bermaksud sombong atau membuat mereka besar kepala, saya hanya berusaha memberikan penghargaan atas apa yang dia capai. karena bagi saya ketika seseorang diberikan sebuah apresiasi, dalam bentuk apapun itu, walau hanya sekedar ucapan, dia akan merasa dihargai, merasa usahanya tidak sia-sia. itu yang selalu saya harapkan. ada kepuasaan tersendiri ketika apa kita lakukan diapresisi oleh orang lain. apalagi keluarga sendiri yang memberikan apresiasi?? dan sekarang saya yang akan lakukan buat adik-adik saya.

Dulu, masih ingat waktu saya masih kuliah, IPK saya juga mencapai 3.7 dapat beasiswa sejak dari SMP sampai perguruan tinggi, dan saya juga pernah dapat beasiswa dari kabupaten sebagai putra/putri daerah yang berprestasi, dari sekian banyak yang mengajukan beasiswa hanya 2 orang yang diterima, yaitu saya sama satu teman kuliah juga, Alhamdulillah. juara kelas selalu dapat, dan waktu SMA saya adalah salah satu peserta olimpiade perwakilan dari sekolah untuk mata pelajaran Biologi.

Tapi, dari kelurga saya sendiri jujur saat itu tidak satupun yang memberikan apresiasi, walau hanya sekedar ucapanpun nggak pernah saya terima. ucapan hanya saya terima dari teman sekolah dan juga teman kuliah. tapi jujur pada saat itu saya nggak memikirkan namanya pujian atau apalah, yang jelas ketika saya bisa bisa melakukan sesuatu yang saya inginkan rasanya waahhh…. banget, senaaang ^_^. saya tau alasan mengapa mereka tidak pernah memberikan pujian ke saya, karena mereka memang tidak bisa memuji. hehehe…. ^_^. tapi Alhamdulillah kalau namanya biaya saya selalu tercukupi.

Saya baru merasa bahwa apresiasi itu penting ya sekarang, karena ketika apa yang saya lakukan diapresiasi oleh orang lain, ada kepuasan tersendiri, dan saya biasanya lebih tambah semangat.  bukan dalam hal tulisan ya kalo yang saya maksud disini, hehe.. karena jujur kalo saya namanya tulis menulis nggak ada bakat samasekali. ya,…. jadi ketika nggak ada mengapresiasi saya dalam hal tulisan ya ndak apa-apa, karena saya juga tau kualitas menulis saya masih sangat-sangatlah jauh dari kata sempurna. justru itu yang menjadi cambuk buat saya agar belajar, belajar dan belajar lagi. oke, fighting dita ^_^

Okelah cukup sekian sampai disini saja, sudah waktunya saya pulang, makan dan istirahat. dan berharap apa yang lakukan hari ini bermanfaat dan barokah. Aamiin ^_^

sumber : link orginal 

(DT190214)
Tag : CATATAN
0 Komentar untuk "Apresiasi Itu Penting, Ternyata…."

Back To Top