Cara Mengetahui Daftar Fasilitas Kesehatan di BPJS Kesehatan

Datye.Com -Setelah sekian lama menghilang di dunia per-bloggingan. Akhirnya saya keluar juga dari dunia pertapaan saya. Ha-ha-ha. Satu bulan yang lalu terakhir saya posting artikel di blog ini. Dan, setelah itu saya menghilang dan asyik dengan aktivitas gak penting saya yang lain. Salah satunya adalah jalan-jalan, bermain games dan nonton seharian suntuk.


Oke, sekarang artikel yang ingin saya tulis ada tentang bagaimana cara mengetahui daftar fasilitas kesehatan yang ada di BPJS Kesehatan.

Sebelumnya semua pasti sudah pada tau apa itu BPJS kesehatan. Yang belum tau, Nah saya kasih tau. BPJS Kesehatan adalah badan penyelenggara jaminan sosial yang dibentuk oleh pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat.

Dimana, masyarakat cukup menyisihkan sebagian kecil dari penghasilannya dan juga dengan dibantu oleh perusahaan masing-masing tempat mereka bekerja. Dan khusus untuk rakyat miskin akan ada namanya penerima bantuan seperti JAMKESDA. Jadi tidak ada alasan lagi bagi masyarakat miskin untuk tidak memeriksakan penyakitnya ke fasilitas kesehatan.

"Lha, apa pentingnya kita harus tau Daftar Fasilitas kesehatan yang ada di BPJS Kesehatan..?"

Ya.. Nggak penting-penting banget sech. Tapi dengan mengetahui daftar fasilitas BPJS Kesehatan, kita bisa memilih faskes yang sesuai dengan keinginan kita masing-masing dan pun kita sudah tau kualitas pelayanan faskes tersebut. Begono guys... 

Selain itu kita juga tau faskes mana saja yang sudah tidak bekerja sama lagi dengan BPJS Kesehatan. Nggak mau kan pas ke faskesnya, eeh tau-taunya si reception bilang. Maaf mbak kita sudah tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan lagi.

Well, kita kembali ke tema artikel, yaitu cara mengetahui Daftar Fasilitas Kesehatan di BPJS Kesehatan. 

Ikuti langkah-langkah dibawah ini : 
1  Masuk ke web resmi BPJS Kesehatan
2  Bisa juga langsung klik ke Fasilitas Kesehatan 
3 Perhatikan gambar, klik yang tanda panah dan pilih lokasi daerah yang anda inginkan. Kemudian klik tombol Tampilkan.


Cara Mengetahui Daftar Fasilitas Kesehatan di BPJS Kesehatan

Kebetulan saya tinggalnya di kepulauan riau, jadi saya pilih Provinsi : Kepulauan Riau, Kab./Kota : Batam, Jenis Faskes : Rumah Sakit. Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

Cara Mengetahui Daftar Fasilitas Kesehatan di BPJS Kesehatan
Begitu juga ketika anda ingin mengetahui jenis fasilitas kesehatan yang lain yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan seperti : Puskesmas, dokter praktek perorangan, dokter spesialis, dokter gigi dan lainnya. Jadi cukup pilih dibagian Jenis Faskes.

Terima kasih semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang berguna. 

Artikel terkait : 
Cara cek pembayaran iuran BPJS kesehatan secara online
Cara mencetak kartu BPJS Kesehatan
 
7 Komentar untuk "Cara Mengetahui Daftar Fasilitas Kesehatan di BPJS Kesehatan"

Bener nggak sih, kita harus dapat rujukan dulu dari puskesmas, baru deh kita ke rumah sakit yang terdaftar di bpjs??! Gimana tuh??

Tau sendiri, pelayanan untuk peserta bpjs kadang suka dipersulit...

Bener mas, harus ada rujukan dulu dari puskesmas atau dari klinik yang ditunjuk baru deh bisa ke rumah sakit.

Terkecuali yang sifat emergency, itu bisa langsung ke rumah sakit yg bekerja sama dengan BPJS kesehatan tanpa perlu adanya rujukan.

Ya.. gitu dech.
Yang pasti ikuti saja aturan maennya. InsyaAllah pasti dilayani :D



Mantap mbak, saya aja baru tau lho, tak chek dulu

informasi yang sangat bermanfaat untuk yang membutuhkan mbak. artikelnya jelas dan mudah diikuti. selamat datang kembali di dunianya para informan. happy blogging!

Terima kasih, dan happy blogging juga mas hendri

Back To Top