Beberapa Hal Yang Membuat Kita Tak Mau Berubah

Datye.Com - SESEORANG yang tak mau berubah, bukanlah orang yang tak bisa apa-apa. Sebenarnya sering kali kita tak mau berubah, karena kita sudah merasa sudah menjadi orang yang hebat. Merasa bahwa ilmu yang kita miliki sudah banyak dan merasa sudah tak tersaingi lagi. 

Beberapa Hal Yang Membuat Kita Tak Mau Berubah
doc.pribadi
Padahal belum tentu demikian. Ketika berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain, kita tetaplah harus melakukan penyesuaian, dan itu sering kali dalam bentuk perubahan.

Perubahan, itulah yang kadang harus kita lakukan agar bisa melakukan penyesuain dengan lingkungan sekitar kita. Apa itu lingkungan kerja atau di lingkungan tempat tinggal kita masing-masing. Perubahan haruslah kita lakukan dengan sepenuh hati agar tidak ada beban dan kita bisa merasakan manfaat di setiap perubahan yang kita lakukan.

Nah, ini kadang yang jadi masalah. Kita selalu lalai dan berat untuk melakukan perubahan. Berikut beberapa poin yang harus kita renungkan dan yang selalu menjadi alasan kita tidak mau melakukan perubahan :

1. Merasa Sudah Hebat
Kita pasti sering berpikir begini, ketika kita di tuntut untuk melakukan perubahan. "Untuk apa saya berubah?" Toh saya sudah hebat, saya sudah jago!

Merasa sudah hebat dalam segala hal, merupakan salah satu faktor yang membuat kita sulit dan berat untuk melakukan perubahan. Dan, ini bisa merugikan diri sendiri bahkan mungkin bisa merugikan orang lain juga.

Ada kalanya kita memang harus berubah, agar bisa melakukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi yang ada. Jadi berubahlah kalo memang perubahan itu untuk kebaikan kita dan juga kebaikan orang lain.

2. Merasa Sudah Nyaman
Setiap orang tentu ingin dihargai, termasuk saya juga anda-anda semua. Rasa nyaman kita tanpa mau memperhatikan orang lain di sekitar, rasanya adalah tindakan yang kurang bijak.

Oleh karena itu kita harus berubah!

Kita kadang memang harus melakukan penyesuain dengan lingkungan sekitar. Mungkin rasa nyaman kita akan terganggu. Karena disini kita harus mempertimbangkan kepentingan orang lain juga.

Tapi, jika itu menjadi hal yang baik dan kita juga tidak dirugikan. Lakukan saja!! Menjadi orang yang lebih bijak dalam proses meraih sesuatu yang lebih baik adalah hal yang harus kita lakukan. Jika kita memang mau menjadi bagian dalam perubahan tersebut.

Dalam hal ini, kita bisa belajar untuk keluar dari zona nyaman kita. Kita bisa belajar menjadi pribadi yang lebih rendah hati dan bisa lebih memahami orang lain lagi.

3. Merasa Lebih Hebat Dari Orang Lain
Sombong! Mungkin itu julukan yang paling tepat dan pas untuk pribadi yang selalu merasa lebih hebat dari pada orang lain.

Jika kita selalu bersikap seperti itu, dan tak mau melakukan perubahan. Sampai kapanpun kita tak akan pernah menjadi orang berguna dan tak akan pernah memberikan manfaat buat orang lain. Bagaimanapun, perubahan harus kita lakukan sebagai bagian dari evaluasi diri. Seandainya kita memang sudah berada di puncak kesuksesan, tetap selalu ada yang bisa kita lakukan.

Merubah kesombongan menjadi kerendahan hati akan merubah cara pandang terhadap sesama, yaitu hubungan akan lebih menyejukan dan menyenangkan.

Jadi tetaplah berubah meski sudah merasa tinggi!!

Demikianlah beberapa hal yang membuat kita tidak mau berubah, semoga poin-poin di atas tidak ada dalam diri kita. Kalo pun ada dan saya yakin ada, kita tetap mau dan bisa melakukan perubahan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.
2 Komentar untuk "Beberapa Hal Yang Membuat Kita Tak Mau Berubah"

Point diatas memang kerap kali kita temui sama seseorang, tapi mungkin tambahan sedikit, biasanya Keras Kepala kali ya.... Saking kerasnya itu kepala, nggak mau nerima masukan

Yes, sepakat. tambahan lainya... keras kepala :D

Back To Top