Tips Memanfaatkan Waktu Ramadhan Agar Optimal

Datye.Com | BERHUBUNG Sebentar lagi bulan Ramadhan, jadi tidak ada salahnya, malah sebaiknya kalo kita berbagi hal-hal yang bisa bermanfaat buat orang lain, khususnya buat saya sendiri.**Hehehe... Karena demikian pentingnya bulan Ramadhan buat hamba-hamba-Nya yang mengharapkan Ridha Rabb-Nya. Karenanya tidaklah mengherankan jika hati kaum muslimin secara total ingin menghadap Allah SWT. 

Tapi Tetap saja kadang kita selalu lalai dan selalu menyia-nyiakan bulan yang istimewa ini dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna. Terus bagaimana kira-kira kita bisa memanfaatkan waktu kita di bulan yang istimewa ini dengan sebaik mungkin?

Berikut beberapa Tips Memanfaatkan waktu Ramadhan:

1. Hindari mengerjakan hal yang sia-sia selama bulan Ramadhan.
Seperti kebanyakan yang dilakukan orang saat menunggu berbuka puasa dengan mengunjungin dan rela berdesak-desakkan di pusat perbelanjaan, nongkrong yang tak berguna, menggunjing, sibuk bersenda gurau, serta tenggelam dalam hal maksiat lain sehingga lalai dalam beribadah.

Beruntunglah saya termasuk orang yang tidak suka ke pasar, ke mall dan tempat-tempat yang ramai. *hehehe

2. Tanamkan dalam pikiran kita bahwa waktu itu tidak akan pernah kembali.
Kesempatan tidak pernah datang dua kali. Dengan mengingat hal itu insya Allah kita akan bisa mengoptimalkan waktu kita sebaik mungkin.  Maka berbahagialah mereka yang benar-benar memanfaatkan waktu Ramadhan dengan baik dan merugilah orang-orang yang menyiak-nyiakannya.

3. Ingatlah pahala yang Allah SWT Janjikan.
Ingatlah pahala yang Allah SWT janjikan, insya Allah ini akan memotivasi kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dalam setiap detik dan waktu kita. 

4. Tak ada salahnya kalo kita membuat target ibadah. 
Kalo kita punya target, biasanya kita punya standar sendiri untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan dan biasanya juga lebih semangat. jadi dengan demikian waktu juga bisa kita manfaat dengan lebih optimal. Kalo sekarang ada namanya ODOJ (One Day One Juz), dimana kita punya target untuk menyelesaikan bacaan Al-Quran kita minimal 1 juz perhari. jadi 1 Bulan kita bisa Khatam Al-Quran. Ini mungkin bisa dijadikan salah satu target ibadah di bulan Ramadhan.

Selain tips-tips diatas, kita juga bisa memanfaatkan waktu kita dengan menghadiri majelis ilmu, atau membaca buku-buku yang bermanfaat. Menulis mungkin bisa menjadi plihan buat blogger-blogger mania untuk mengisi waktu kosong di bulan Ramadhan sambil menunggu waktu berbuka tiba. 

Demikian Tips Memanfaatkan Waktu Ramadhan Agar Optimal. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel terbaru lainnya : Sebentar Lagi Tamu Tercinta Hadir

0 Komentar untuk "Tips Memanfaatkan Waktu Ramadhan Agar Optimal"

Back To Top