Tips Tetap Hemat dan Tips Mengatur Uang Saat Ramadhan

Datye.Com | SEBAGIAN Orang, termasuk saya. Ramadhan kadang seolah menjadi bulan balas dendam untuk makan dan minum. Bahkan tak jarang uang dihabiskan membeli makanan jauh lebih besar dari pada hari biasanya. Sebagian orang lagi ada yang sibuk mengumpulkan berbagai model pakaian dan shopping, apalagi menjelang hari-hari terakhir puasa menjelang lebaran.

Pengeluaran kadang tak jadi soal, "katanya 1 tahun sekali tak mengapa?". Dan sikap berlebih-lebihan kerap sering kali kita lakukan, terkadang sampai ngutang sana-sini hanya buat sekedar untuk memenuhi hasrat bermewah-mewah dan memenuhi keinginan. Padahal itu hal yang dilarang Allah SWT dan Rasulnya.

Sibuk dengan semua itu, selain membuat kita lalai beribadah juga kadang memberatkan diri kita, apa yang kita keluarkan juga terkadang lebih besar dari jumlah finansial yang kita miliki. Besar pasak dari pada tiang kata pepatah. Bahkan terkadang banyak juga yang sampai berhutang untuk sekedar menghamburkan uang dan memenuhi nafsu.

Tabiat jiwa kita adalah senang dengan hawa nafsu. Sebagai pengingat, banyak dari kita selama Ramadhan memberatkan diri dengan pengeluaran yang berlebihan dan mubadzir.

Berikut beberapa Tips dan kita-kiat dalam mengatur keuangan agar terhindar dari sikap boros dan berlebih-lebihan saat bulan Ramadhan :

1. Keluarkan uang untuk pembelanjaan yang seperlunya saja.
Artinya, kita harus bisa membedakan antara pengeluaran primer dan pengeluaran skunder.

2. Pertimbangkan juga finansial keuangan yang kita miliki.
Mempertimbangkan finansial yang kita miliki, dengan demikian kita bisa mengalokasikan pengeluaran dengan tepat. Jadi jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

3. Tumbuhkan sikap Qanaah.
Qanaah adalah selalu merasa cukup dan tidak silau dunia sehingga bisa menjadi rem nafsu dan alat control kita dalam berbelanja.

4. Ingat!! kebutuhan bukan hanya saat ini saja.
Harus ingat kebutuhan bukan hanya untuk saat ini, tapi juga untuk masa yang akan datang. Tak ada salahnya juga kita sisihkan uang untuk ditabung dari pada dihamburkan untuk hal-hal yang tidak berguna dan berlebih-lebihan.

5. Biasakan diri kita dengan pengeluaran yang terencana.
Dengan membiasakan pengeluaran terencana, maka keuangan dapat terkontrol dan selalu terjaga. Misalnya pengeluaran untuk jangka panjang, pengeluaran jangka pendek dan pengeluaran saat ini.

Akhir kata semoga Allah memberikan kita kesempatan untuk menikmati bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba. Dan semoga kita diberikan kemudahan dalam mengisi waktu Ramadhan dengan banyak kebaikan. Aamiin

Demikian Tips Tetap Hemat dan Tips Mengatur Uang Saat Ramadhan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
2 Komentar untuk "Tips Tetap Hemat dan Tips Mengatur Uang Saat Ramadhan"

Saya setuju dengang poin-poin diatas mbak. Menurut saya, taka hanya saat Ramadhan, di waktu yang lain tips ini wajib dilakukan.

Back To Top